Minggu, 20 September 2009

APLIKASI E-135 SAWIRMAN PADA SLOGAN IKLAN AQUA

APLIKASI E-135 SAWIRMAN PADA SLOGAN IKLAN AQUA
(Ringkasan)

Oleh
Yanti Riswara
(Pegawai Balai Bahasa Provinsi Riau)

Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya

1. Analisis Slogan Iklan Aqua pada Tahapan Elaborasi
Slogan yang digunakan oleh perusahaan air mineral merk Aqua Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya merupakan sebuah wacana yang dirancang dengan berbagai pertimbangan psikologi massa dan ekonomis yang sangat baik. Dengan pendekatan linguistik struktural, slogan ini dapat dideskripsikan sebagai berikut.
a. Slogan memiliki struktur non-predikatif (bukan kalimat) yang terdiri atas lima kata.
b. Slogan terdiri atas dua kelompok frasa, yaitu frasa nominal (FN) kebaikan alam dan frasa adverbial (FAdv) di setiap tetesnya.
c. Frasa nominal kebaikan alam terdiri atas dua kata dengan struktur frasa NN di mana nomina pertama merupakan nomina turunan yang terbentuk dari konfiks ke-an dan adjektiva baik.
d. Frasa adverbial di setiap tetesnya terdiri atas tiga unsur: preposisi di, adjektiva setiap, dan frasa nominal tetesnya dengan struktur NN yang dibangun oleh nomina tetes dan pronomina posesif persona ketiga tunggal –nya.

Untuk sementara analisis pada tahapan pertama ini ditempatkan pada kotak makna tertunda satu seperti berikut ini.

Kotak Makna Elaborasi (Kotak Makna Tertunda I)

/ Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya / = /non-predikatif/


I. Lima kata FN + FAdv MB + MT (Afiks)
Catatan : MB = morfem bebas MT morfem terikat FN= frasa nominal FAdv= frasa adverbial

2. 2. Analisis Slogan Iklan Aqua pada Tahapan Representasi
Pada tahapan representasi ini slogan akan dianalisis dengan menhubungkan antara simbol-simbol bahasa yang digunakan sebagai tanda dan konsep mental yang dipresentasikannya dengan realitas yang ada tentang sejumlah fakta yang mungkin mendukung penciptaan slogan ini. Isu “kembali ke alam” nampaknya dipercaya dapat mempengaruhi psikologi massa dalam kesuksesan iklan produk makanan atau minum yang sehat dan higienis yang berpengaruh kepada umur yang panjang.
Representasi slogan Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya nampak jelas dengan sengaja dimaksudkan untuk memberi pemaknaan kepada masyarakat pengguna air mineral merk Aqua bahwa produk air minum kemasan ini sangat menekankan pentingnya kesehatan dengan mengosumsi air yang bersih dan murni dan mengimplikasikan ada harapan hidup sehat dan lebih lama (umur panjang). Penggunaan slogan Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya memberi rangsangan positif bagi konsumen bahwa tingkat kebaikan atau kesehatan sebuah produk makanan adalah produk yang jauh dari unsur kimia sebagaimana yang ditawarkan oleh produk Aqua. Proses representasi ini untuk sementara ditempatkan pada kotak makna tertunda dua seperti berikut ini.
Kotak Makna Representasi (Kotak Makna Tertunda II)

/ Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya /= /umur panjang/


I. Lima kata FN + FAdv MB + MT (Afiks)
II. alamiah bersih/higienis sehat

3. 3. Analisis Slogan Iklan Aqua pada Tahapan Signifikansi
Tahapan signifikansi yang mengedepankan peran pembaca dalam hal memaknai slogan iklan Aqua nampak diberi ruang yang sangat baik oleh pemroduksi slogan ini.Dengan representasi yang telah digunakan pembuat slogan iklan ini, pembaca atau konsumen produk ini nampaknya akan memberikan respon positif dengan pemaknaan yang lurus atau literal terhadap kata yang digunakan sebagai simbol linguistis yang mencermin realitas X = X. Konsumen yand lebih kritis mungkin memaknai sedikit berbeda sebagai X = X- tatapi mungkin tidak ada alasan untuk memberi pemaknaan X=Y. Pemaknaan literal ini sekaligus disertai oleh pemaknaan pragmatis bahwa minuman yang mengandung kebaikan (alam) merupakan harapan bagi setiap konsumen. Pemaknaan dengan tahapan ini dapat dimasukkan pada kotak makna tertunda III berikut.
Kotak Makna Signifikansi (Kotak Makna Tertunda III)

/ Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya /= /umur panjang/= /respon positif/


I. Lima kata FN + FAdv MB + MT (Afiks)
II. alamiah bersih/higienis sehat
III. literal pragmatis harapan

4. 4. Analisis Slogan Iklan Aqua pada Tahapan Eksplorasi
Tahapan eksplorasi yang mencoba mancari keterlibatan bindang kajian lain nampaknya juga diperlukan dalam analisis slogan iklan Aqua ini. Slogan ini diprediksi terinspirasi dari konsep-konsep ekolinguistik yang telah menjadi topik pembicaraan dalam banyak jurnal dan laporan penelitian kebahasaan selama tiga puluh tahun terakhir ini. sehat yang mengaitkan bahasa dengan lingkungan. Hal ini didukung oleh penyataan yang ditulis oleh Edwar Sapir dalam buku “Language Environment” pada tahun 1912, di mana istilah ‘lingkungan’ tidak lagi membawa makna ekologis tetapi lebih kepada keadaan fisik dan sosial di sekeliling manusia. Tulisan Sapir ini merupakan usaha awal seorang linguis untuk beranjak pada pendeskripsian bahasa melalui struktur, sistem bunyi, makna kata dan sejenisnya yang menjabarkan hubungan antara alam dan bahasa. Pemaknaan dengan tahapan ekslorasi dapat dimasukkan dalam kotak penundaan makna IV.

Kotak Makna Signifikansi (Kotak Makna Tertunda IV)

/Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya/=/umur panjang/=/respon positif/=/ekolinguistik /


I. Lima kata FN + FAdv MB + MT (Afiks)
II. alamiah bersih/higienis sehat
III. literal pragmatis harapan
IV. lingkungan tesis-sintesis ekologi dan bahasa

5. Analisis Slogan Iklan Aqua pada Tahapan Transfigurasi
Sebagaimana yang saya sampaikan dalam jawaban pertanyaan bahwa saya kurang setuju dengan pemaknaan pada tahapan transfigurasi dari sejumlah penundaan makna dipersepsikan sebagai rekonstruksi terhadap sebuah makna baru. Oleh sebab itu, dalam hal ini, saya menganggap tahapan ini sebagai akumulasi perolehan makna yang berhasil dieksplorasi dari sebuah wacana yang mungkin saja menghasilkan transfigurasi yang terlihat berbeda tetapi itu hendaknnya diterjemahkan sebagai kesempurnaan pemaknaan.
Pada tahapan transfigurasi ini, slogan iklan Aqua dapat disimpulkan memiliki pemaknaan yang cukup kempleks. Sebagai sebuah produk iklan, slogan ini nampaknya memang sudah diberi makna yang kompleks itu oleh si pembuat slogan dengan mempertimbangkan psikologi massa dan psikologi pasar yang baik. Secara keseluruhan, slogan iklan ini memuat simbol linguistik yang tepat untuk sebuah iklan, yaitu singkat, padat, dan jelas. Penggunaan pilihan kata yang tepat dapat menimbulkan respon positif bagi konsumen produk ini bahwa air minum merk Aqua adalah minuman yang baik, sehat, dan bersih, yang menjadi harapan semua orang. Pemaknaan yang dapat dilakukan secara literal dan pragmatis juga mengindikasi konsepsi bahasa yang digunakan sebagai tanda merupakan tanda yang benar (X=X), atau hanya sedikit saja berlebihan/semu (X=X-). Pemaknaan yang melibatkan tahapan eksplorasi menunjukkan ada pengaruh perkembangan bidang ekolinguistik yang menghubungkan bahasa dengan lingkungan dan menggambarkan sebuah sintesis ilmu baru antara linguistik dan ekologi. Pemaknaan slogan Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya hingga tahapan transfigurasi ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa secara keseluruhan slogan membawa makna realis atau sedikit hiperealis (realis +), menunjukkan sebuah sintesis konsep ilmu yang memperluas makna sebelumnya. Pemaknaan sampai tahapan transfigurasi ini juga dapat dimasukkan dalam kotak makna sempurna sbb.
Kotak Makna Signifikansi (Kotak Makna Tertunda IV)

/Kebaikan Alam di Setiap Tetesnya/=/umur panjang/=/respon positif/=/ekolinguistik /
= / realis + /


I. Lima kata FN + FAdv MB + MT (Afiks)
II. alamiah bersih/higienis sehat
III. literal pragmatis harapan
IV. lingkungan tesis-sintesis ekologi dan bahasa
V. realis + tesis baru perluasan makna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar