KOMENTAR
I. Pengantar
Responden yang kami hormati. Seminggu yang lalu peneliti sudah meminta bantuan Saudara untuk membaca, memahami, dan mengkritisi tulisan yang diberi judul “E-135: sebagai Draf Model Pengembangan Pembelajaran Linguistik di Universitas Andalas” yang ditulis oleh Sawirman tahun 1999 (32 halaman, ketikan 1 spasi, font geramond 11, ukuran kertas A4). Berkenaan dengan tulisan tersebut, kami berharap bantuan Saudara untuk menjawab sejumlah pertanyaan berikut dengan sekritis-kritisnya. Jawaban Saudara tidak akan berpengaruh sama sekali dengan profesi, pendidikan, dan pekerjaan yang sedang Saudara tekuni saat ini. Terima kasih atas bantuan Saudara.
II. Identitas Diri
Nama : Budi Fitra Helmi,SS.
Pekerjaan : Dosen Sekolah Tinggi Bahasa Asing Haji Agus Salim Bukittinggi
III. Pertanyaan
A. Terma E-135
(1)
Apakah Saudara pernah membaca/ mendengar terma E-135 dalam referensi lain selain rancangan model yang ditulis dan dirancang oleh Sawirman yang ada di tangan Saudara? Bila iya dimana?
I never heard about it.
(2)
Terma E-135 adalah singkatan dari E=Eksemplar, 1=Hermeneutika, 3=formalis, kritis, dan cultural studies/ posmodernis, serta 5= tahapan analisis (elaborasi, representasi, signifikasi, eksplorasi, dan transfigurasi), bagaimanakah menurut Saudara dengan nama itu?
Dari awal saya kurang sreg dengan terma E-135 ini. Untuk penamaan di bidang linguistik, terkesan kurang menarik dan tidak pas. Sebaiknya dicari istilah lain yang lebih sexy dan familiar untuk dipakai di wilayah linguistik. Seandainya saya menulis, maka kira-kira kutipannya seperti ini:
Menurut Teori E-135-nya Sawirman, … (repot menulis, repot membaca)
Namun misalnya jika begini:
Menurut Teori Holistiknya Sawirman, …
(3)
Apakah Saudara memiliki usulan nama lain untuk “pengganti” terma E-135?
Ya, Deepness Holistic Analysis Theory.
B. Hermeneutika dalam Linguistik
(4)
Apakah Saudara setuju dengan Hermeneutika dijadikan sebagai basis ontologis pengembangan linguistik khususnya mata-mata kuliah “makro” seperti wacana, semiotika, bahasa media, serta bahasa dan ideologi, dan lain-lain?
Saya setuju.
(5)
Sejauhmanakah Saudara mengenal aliran filsafat Hermeneutika beserta tokoh-tokohnya?
Beberapa buku pernah saya baca, seperti Paul Ricoeur, Richard Palmer, Juergen Habermas, membuat saya cukup tahu mengenai hermeneutic. Juga sudah baca buku-buku lain tentang Derrida, Hegel, Nietzsche, Karl Marx.
C. Teori-teori “Formalis” dalam Linguistik
(6)
Apakah Saudara setuju dengan batasan konsep “Formalisme” dalam tulisan tersebut? Alasan Saudara?
Ya, saya setuju. Karena formalism tidak sampai menyentuh pada konsep bagaimana dan mengapa.
(7)
Terkait dengan batasan tulisan tersebut tentang “Formalisme”, sejauhmanakah Saudara mengenal teori-teori Formalis beserta tokoh-tokohnya?
Saya cuma pernah baca MAK Halliday.
(8)
Bagaimanakah harusnya analisis linguistik yang eksplanatoris yang diharapkan Chomsky (bukan hanya deskriptif) menurut Saudara?
C. Teori-teori Kritis dalam Linguistik
(9)
Apakah Saudara setuju dengan batasan konsep Teori Kritis dalam tulisan tersebut? Alasan Saudara?
(10)
Terkait dengan batasan tulisan tersebut tentang “Teori Kritis”, sejauhmanakah Saudara mengenal teori-teori Kritis dalam Linguistik beserta tokoh-tokohnya?
(11)
Bagaimanakah Kontribusi teori-teori kritis seperti model Norman Fairclough, van Dick, atau tokoh-tokoh lain di mata Anda?
D. Teori-teori “Cultural Studies/ Posmodernis/ Dekonstruksionis” dalam Linguistik
(12)
Apakah Saudara setuju dengan batasan konsep “Cultural Studies/ Posmodernis/ Dekonstruksionis” dalam tulisan tersebut? Alasan Saudara?
(13)
Terkait dengan batasan tulisan tersebut tentang “Cultural Studies/ Posmodernis/ Dekonstruksionis”, sejauhmanakah Saudara mengenal teori-teori tersebut dalam Linguistik beserta tokoh-tokohnya?
(14)
Bagaimanakah Kontribusi “Cultural Studies/ Posmodernis/ Dekonstruksionis, seperti Derrida, Foucault, Lyotard, dan lain-lain di mata Anda?
E. Tahapan Analisis E-135
Bagaimanakah menurut Saudara tahapan E-135 untuk menganalisis Mata Kuliah Wacana? Silakan komentari kelebihan, kelemahan, dan peluangnya di masa mendatang!
(15)
Tahapan Elaborasi (Tahap Linguistik)
(16)
Tahapan Representasi
(Interteks Vertikal/Horizontal)
(17)
Tahapan Signifikasi (Semiotika)
(18)
Tahapan Eksplorasi (Dimensi Ilmu Lain)
(19)
Tahapan Transfigurasi
(Pemetaan/Makna Hiperealis)
Tahap “Penundaan Makna”
(20)
Kebenaran makna dalam e-135 menganut “Prinsip Penundaan”? Bagaimanakah menurut Anda?
(21)
Bisakah Saudara membedakan Prinsip Penundaan Makna Menurut Derrida dan/atau Lyotard dengan e-135?
(22)
Bagaimanakah Prinsip Penundaan Makna dengan terma “Rekonstruksi Makna” dalam e-135?
Tahap Pengayangan Makna (Melting Pot)
(23)
Untuk mengungkap interpretasi pemaknaan terdalam dalam e-135 dapat dilakukan dengan pengayangan makna (melting pot) dengan model/diagram tersendiri, bagaimanakah menurut Saudara?
(24)
Bisakah model pengayangan makna yang diagram yang diusulkan mampu mengungkap “makna terdalam” (depth meaning) Baudrillard dalam Analisis Wacana menurut Saudara?
F. Pertanyaan Umum secara Holistik
(25)
Apakah e-135 telah ditulis dengan baik sesuai dengan Ejaan yang benar? Silakan kemukakan alasan Anda?
Ada mistyping yang cukup mengganggu, yakni:
(26)
Apakah e-135 telah ditulis sesuai dengan kaidah dan etika akademis? Silakan kemukakan alasan Anda?
(27)
Apakah e-135 telah dipikirkan dengan baik dan ditulis dengan baik? Silakan kemukakan alasan Anda?
(28)
Apakah kelebihan dari e-135 menurut Anda?
Lebih holistic, lebih dalam.
(29)
Apakah e-135 tidak terlalu ambisius?
Cukup ambisius, namun masuk akal.
(30)
Apakah target yang diharapkan dari e-135 masuk akal dan realistis?
Ya.
(31)
Apakah e-135 sesuai dengan tujuan penelitian wacana?
Ya.
(32)
Apakah sudah ditunjukkan bahwa e-135 ini tidak merupakan pengulangan dari
yang sudah pernah dilakukan?
(33)
Apakah e-135 sesuai dengan kepakaran peneliti?
(34)
Apakah sudah ditunjukkan keterkaitan dengan pustaka-pustaka/hasil penelitian yang sudah terbit/sudah dilakukan?
(35)
Apakah e-135 yang diajukan dapat dianggap inovatif dalam analisis wacana? Mengapa?
(36)
Apakah metode yang diajukan dapat menjawab tujuan yang diharapkan?
(37)
Apakah e-135 sudah dipertimbangkan dengan baik? Mengapa
(38)
Apakah e-135 yang diajukan masuk akal dan realistis?
(39)
Apakah dengan sumberdaya, buku, dan peralatan yang ada e-135 dapat dilaksanakan dalam mata kuliah wacana di S2?
(40)
Apakah dengan sumberdaya, buku, dan peralatan yang ada e-135 dapat dilaksanakan dalam mata kuliah wacana di S1?
G. Penutup
(41)
Bagaimanakah harusnya analisis linguistik yang ideal menurut Saudara?
(42)
Terkait dengan pertanyaan dimaksud, Bagaimanakah kontribusi E-135 untuk menjadikan ilmu linguistik menjadi semakin humanis serta semakin berguna bagi kemanusiaan, kemasyarakatan, dan perjuangan etsi/moral?
(43)
Item-item/ pertanyaan-pertanyaan nomor berapakah yang sulit Saudara pahami/ambigu? Mengapa?
(44)
Mohon diberikan saran-saran lain terkait dengan e-135 di luar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan?
(45)
Mohon diberikan saran-saran lain terkait dengan e-135 di luar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan?
Contoh Aplikasi pada Mata Kuliah Wacana sesuai dengan Tugas Kelompok
Padang, Mei 2009
Nama:
Signature
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar